USB Tidak Berfungsi Di Asus

Sebelum menggunakan Windows 8 seperti sekarang, saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 pada laptop Asus X455LA yang belum lama saya beli dari salah satu toko komputer di Gorontalo.

Ternyata setelah saya memasang Sistem Operasi tersebut, semua USB yang ada pada laptop ini tidak dapat berfungsi. Waktu itu saya coba memasang mouse ke port USB yang ada. Saya pikir mouse saya yang bermasalah, setelah 3 kali saya coba dengan mouse yang berbeda, ternyata semuanya tidak dapat berfungsi.

Saya yakin bukan mouse saya yang rusak, karena sebelumnya ketiga mouse tersebut dapat di gunakan dan bekerja dengan baik pada komputer saya. Padahal semua Driver Laptop Asus X455L sudah saya download dan install dan tidak ada keterangan yang error pada Device Manager.

Memperbaiki USB Asus X455L yang tidak terdetek di Windows 7

Setelah saya coba berkali kali dengan mendownload berbagai macam driver yang ada pada situs resmi asus, ternyata semua slot USB masih saja tidak dapat berfungsi. Akhirnya saya coba membuka settingan atau pengaturan Bios laptop Asus X455L ini. Dan akhirnya slot USB tersebut semuanya dapat berfungsi dengan normal.

Bagaimana caranya memperbaiki port atau slot USB yang tidak terdeteksi di Sistem Operasi Windows 7 pada laptop Asus X455L ini? Berikut adalah langkahnya:

  • USB tidak berfungsi.
  • Sebahagian Driver tidak bisa digunakan, namun jika kita lihat pada Program driver telah terinstall.
  • Untuk Pembahasan yang pertama (USB tidak berfungsi)

1. Masuk Ke Bios (Untuk Asus A455LF cukup dengan menekan tombol F2)

2. Pilih --> Advanced





3. Pilih --> USB Configuration




Pada USB Configuration ini kita lakukan pengaturan ulang dengan men-Disabled semuanya seperti yang tertera pada gambar Atau :

  • Legacy USB Support dari Enable ke Disabled
  • XHCI Pre-boot Mode dari Enable ke Disabled
  • USB Mass Storage Driver Support dari Enable ke Disabled

setelah kita melakukan pengaturan ulang pada USB Configuration lalu Simpan atau dengan menekan tombol F10, setelah itu USB akan bisa digunakan (setiap Laptop/PC beda penganturannya, Mohon disesuaikan).

Untuk Pembahasan yang kedua (Driver tidak berfungsi)

Dalam hal ini saya mengambil contoh pada LAN dan Wireless, kedua komponen tersebut tidak bisa digunakan padahal jika kita lihat pada Device Manager, driver yang kita install ada (terinstall). untuk itu saya tetap menggunakan metode configurasi pada BIOS, dalam contoh kali ini saya menggunakan Laptop Asus A455LF dengan Bios UEFI :

1. Masuk Ke Bios (Untuk Asus A455LF cukup dengan menekan tombol F2)

2. Pilih ---> BOOT




Pada Boot Configuration di Launch CSM Pilih ---> Enable

dengan mengubah pengaturan dari Disabled ke Enabled, seperti gambar diatas. Setelah pengaturan diubah menjadi Enabled maka Simpan & Keluar (atau dengan menekan tombol F10).

Langkah selanjutnya kita menginstall driver satu persatu, semoga bisa membantu.

Atau
Masuk pada BIOS (tekan F2 pada saat menyalakan laptop), kemudian pilih menu Advanced.
Lalu pilih di bagian USB Configuration.
Pilih Auto pada menu Legacy USB Support dan pilih Smart Auto pada XHCI Pre-boot mode, dan pilih Enable pada USB Mass Storage Driver Support.
Selesai.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USB Tidak Berfungsi Di Asus "

Post a Comment