Cara Menambahkan Printer Berkabel dan Nirkabel/Wireless ke Windows 11

Menginstal printer di Windows dulunya merepotkan, tetapi Windows 11 menghilangkan banyak tekanan dengan sistem pengaturannya yang lebih canggih.

Menambahkan printer di Windows 11 tidak menyebalkan seperti di versi Windows yang lebih lama. Dalam kebanyakan kasus, Windows 11 mendeteksi dan menginstal printer lokal secara otomatis, tetapi ada cara manual untuk melakukannya juga jika gagal melakukannya.

Dalam panduan ini, kami akan membahas cara menambahkan printer berkabel dan nirkabel atau Wireless secara manual di Windows 11. 

Kami juga menyertakan beberapa metode pemecahan masalah yang dapat Anda coba jika Anda mengalami masalah selama proses penambahan printer.

Cara Menambahkan Printer Berkabel ke Windows 11

Menghubungkan printer berkabel ke Windows 11 (atau sistem operasi lainnya) cukup sederhana. Biasanya, Windows akan secara otomatis mendeteksi printer segera setelah Anda terhubung, asalkan Anda menggunakan kabel yang tepat dan port Anda berfungsi dengan baik.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat mengkonfirmasi bahwa printer telah berhasil ditambahkan setelah memasukkan kabel ke port Anda:
  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings Windows.
  • Pilih Bluetooth and devices dari panel kiri dan klik Printers & scanners di sisi kanan jendela.
  • Di jendela berikut, Anda akan melihat print Anda terdaftar. Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya, klik tombol Add device yang terkait dengan Add a printer or scanner.
  • Windows sekarang akan menjalankan pemindaian untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung. Pilih printer Anda dari daftar opsi yang tersedia.
  • Jika sistem tidak dapat menemukan printer, dan Anda menerima pesan yang menyatakan 'The printer that I want isn’t listed', klik Add manually.
  • Pada dialog berikut, klik Add a local printer or network printer with manual settings.
  • Pilih Use an existing port dari panel kiri dan pilih port yang telah Anda sambungkan ke printer.
  • Sekarang, buka situs web produsen printer dan unduh driver printer Anda dari sana. Jika Anda memiliki CD untuk driver print, masukkan ke dalam untuk mengunduh driver.
  • Jika Anda menggunakan CD, pilih Have Disk di dialog berikutnya. Jika tidak, klik Windows Update.
  • Bagi Anda yang menggunakan CD dapat menavigasi ke lokasi driver di PC Anda dan mengkliknya untuk memulai instalasi.
  • Jika Anda memilih Pembaruan Windows, pilih pabrikan dan model driver Anda. Kemudian, masukkan nama untuk driver Anda dan tekan Next.

Setelah driver diinstal, lanjutkan dan periksa apakah printer berfungsi dengan baik.

Cara Menambahkan Printer Nirkabel/Wireless ke Windows 11

Printer nirkabel sangat nyaman karena dapat langsung berkomunikasi dengan jaringan tanpa memerlukan kabel atau kabel yang harus disiapkan. 

Untuk memulai dengan printer nirkabel, Anda perlu memastikan bahwa PC dan printer Anda dapat mendukung versi jaringan nirkabel yang kompatibel.

Setelah Anda menghubungkan printer Anda ke koneksi Bluetooth atau Wi-Fi, Windows akan mendeteksinya secara otomatis. Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan kedua perangkat terhubung ke koneksi yang sama.

Berikut adalah cara untuk memulai:
  • Luncurkan Settings Windows dan navigasikan ke Printers & scanners mengikuti metode yang kami jelaskan di atas.
  • Klik tombol Add device.
  • Jika pemindaian mencantumkan printer yang Anda targetkan, klik untuk menambahkannya. Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi untuk menghubungkan ke printer.
  • Jika Anda tidak dapat menemukan printer, klik Add manually.
  • Dalam dialog berikut, Anda akan disajikan dengan daftar opsi konektivitas. Klik salah satu yang paling sesuai dengan situasi Anda dan klik Next.
  • Anda sekarang harus dapat menemukan printer Anda. Klik untuk menambahkannya.

Jika Anda mengalami masalah dengan menemukan printer nirkabel, baca manual instruksi dengan cermat atau kunjungi bagian pemecahan masalah kami di bawah ini untuk memperbaiki masalah.

Tidak Dapat Menghubungkan Printer Anda ke Windows 11? Coba Perbaikan Ini

Ada kejadian di mana tombol Add device di jendela Printers & scanner berhenti berfungsi, membuat pengguna tidak dapat menambahkan print. 

Jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi yang sama, inilah yang harus Anda lakukan:

Jalankan Pemecah Masalah Printer

Microsoft telah melengkapi Windows dengan banyak program kecil yang dirancang khusus untuk memecahkan masalah yang sering dialami pengguna. 

Anda akan menemukan beberapa pemecah masalah di Pengaturan Windows 10 dan 11 yang sangat mengejutkan, cukup efektif mengidentifikasi potensi masalah dalam sistem dan kemudian merekomendasikan perbaikan yang relevan.

Perbaikan ini dapat diterapkan dengan sedikit atau tanpa campur tangan pengguna, membuat seluruh proses otomatis dan tanpa rasa sakit. Jika Anda tidak dapat menambahkan printer Anda ke Windows 11, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjalankan pemecah masalah printer. 

Utilitas ini akan memindai sistem untuk masalah terkait printer dan mudah-mudahan, menemukan perbaikan untuk Anda.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menjalankan pemecah masalah printer:
  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings Windows.
  • Arahkan ke System > Troubleshoot dan pilih Other troubleshooters.
  • Di jendela berikut, temukan opsi Printer dan klik tombol Run yang terkait dengannya untuk menjalankan pemecah masalah.
  • Ini harus memulai pemindaian. Jika printer mengidentifikasi masalah apa pun, printer akan merekomendasikan perbaikan. Dalam hal ini, klik Apply this fix.

Setelah pemecah masalah melakukan tugasnya, coba lakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas lagi dan periksa apakah Anda dapat menghubungkan printer Anda sekarang.

Instal Pembaruan Windows Terbaru

Masalah terkait perangkat keras dan perangkat lunak tertentu mulai terjadi setelah pengguna menginstal pembaruan Windows KB5006746. Pembaruan ini seharusnya membawa beberapa penyegaran visual dan perbaikan untuk beberapa bug Windows 11. Namun, itu malah membawa masalah tersendiri.

Untungnya, Microsoft tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui masalah ini, dan segera merilis perbaikan terbaru setelah pengguna mulai mengeluh. 

Anda bisa mendapatkan perbaikan dengan menginstal pembaruan Windows terbaru yang tersedia di sistem Anda.

Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:
  • Luncurkan Settings Windows dan arahkan ke Windows Update.
  • Klik tombol Check for updates di sisi kanan jendela dan tunggu hingga pemindaian selesai.
  • Jika pembaruan yang tertunda diidentifikasi, luangkan waktu Anda untuk menginstalnya dan periksa apakah ini memperbaiki masalah.

Selain itu, kami juga menyarankan untuk memastikan bahwa driver yang relevan adalah yang terbaru. Untuk ini, Anda dapat memeriksa Windows untuk pembaruan driver yang tersedia dan kemudian menginstalnya.

Jika tidak ada yang berhasil di atas, pastikan untuk memeriksa panduan mendalam kami untuk masalah printer Windows 11 untuk trik lebih mendalam yang dapat Anda coba.

Printer di Windows 11, Berhasil Ditambahkan

Sementara menginstal printer di masa lalu adalah sakit kepala, Windows 11 membuat prosesnya jauh lebih mudah. Semoga Anda berhasil mengaktifkan dan menjalankan printer dengan langkah-langkah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambahkan Printer Berkabel dan Nirkabel/Wireless ke Windows 11"

Post a Comment