Cara Mengotomatiskan Tugas Anda Menggunakan Microsoft Power Automate

Tahukah Anda bahwa Microsoft Power Automate dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin di PC untuk Anda? Panduan sederhana ini menunjukkan kepada Anda bagaimana memulainya.

Otomatisasi menggunakan layanan cloud relatif baru. Kebanyakan orang tidak menyadari aspek penghematan waktu dari mengotomatiskan tugas yang berulang. Meskipun orang-orang menyadari manfaat layanan cloud, kurva pembelajaran yang curam membuat mereka takut.

Microsoft Power Automate sebelumnya disebut Microsoft Flow adalah layanan cloud yang bertujuan untuk menyederhanakan otomatisasi. Jika Anda tidak memiliki keahlian pemrograman dan ingin memanfaatkan otomatisasi cloud, Microsoft Power Automate adalah titik awal yang sempurna.

Apa itu Microsoft Power Automate

Microsoft Power Automate adalah layanan berbasis cloud yang memungkinkan Anda mengotomatiskan alur kerja. Katakanlah Anda memiliki tugas rutin seperti memeriksa email dari manajer Anda setiap hari. Sangat mudah untuk melupakan tugas sederhana ini. Dengan menggunakan Microsoft Power Automate, Anda dapat menjadwalkan pemberitahuan pengingat untuk memeriksa email manajer Anda pada waktu yang ditentukan.

Ada juga lebih banyak alur kerja yang bisa Anda otomatisasi termasuk proses bisnis pengumpulan data yang kompleks. Dengan kata lain, Microsoft Power Automate lebih dari sekadar penjadwal tugas sederhana. Ini adalah layanan cloud aman yang dapat membantu Anda merampingkan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja Microsoft Power Automate

Microsoft Power Automate memanfaatkan cloud untuk menjalankan serangkaian tindakan yang telah ditentukan sebelumnya. Tindakannya dapat berkisar dari mengirim email hingga mengumpulkan data dari layanan pihak ketiga seperti Twitter. Hal keren tentang otomatisasi dengan Power Automate adalah Anda tidak perlu tahu cara membuat kode.

Anda dapat membuat tiga tipe alur kerja di Power Automate:
  • Automated Workflows yang bekerja kapan pun terjadi peristiwa tertentu.
  • Scheduled Workflows yang Anda jadwalkan untuk dijalankan untuk waktu tertentu.
  • Button Workflows yang Anda picu dengan menekan sebuah tombol.

Saat pertama kali membuka beranda Power Automate, Anda harus masuk dengan akun. Jika Anda sudah memiliki akun Office 365, Anda dapat langsung membuat alur. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Try Free di pojok kanan atas.

Anda dapat menggunakan Power Automate dari dalam browser web, aplikasi desktop, dan aplikasi seluler Anda. Meskipun aplikasi desktop dan browser setara dalam hal set fitur, aplikasi seluler menyediakan fungsionalitas terbatas.

Daftarkan dengan alamat email Anda, dan Anda siap melakukannya. Setelah masuk, Anda akan menemukan sejumlah templat yang sudah dibuat sebelumnya di beranda.

Misalnya, di beranda, Anda dapat melihat Schedule a meeting with a message sender. Hanya dengan beberapa klik, templat ini memungkinkan Anda menjadwalkan rapat dengan siapa pun yang mengirimi Anda pesan di Microsoft Teams.

Anda juga dapat membuat template aliran khusus. Membuat templat khusus di Power Automate membutuhkan sedikit atau tanpa keterampilan pengkodean. Dalam kebanyakan kasus, Anda cukup menggunakan tindakan yang dibuat sebelumnya untuk memprogram fungsi yang Anda inginkan.

Microsoft Power Automate gratis untuk orang yang ingin menggunakannya untuk alur kerja sederhana. Saat menggunakan secara gratis, Anda mendapatkan jumlah pengoperasian dan panggilan API yang terbatas setiap bulan. Anda juga tidak memiliki akses ke konektor premium yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan data dari aplikasi pihak ketiga.


Mengotomatiskan Tugas di Power Automate Menggunakan Template yang Dibangun Sebelumnya

Microsoft Power Automate memudahkan untuk mengotomatiskan tugas-tugas umum seperti pengingat email, acara penting, dan pengumpulan data. Mari kita mengotomatiskan beberapa alur kerja umum menggunakan templat siap pakai.

Mengirim Email Kapanpun Tweet Baru Menggunakan Kata Kunci

Misalkan Anda menjalankan bisnis yang menjual perangkat keras game seperti kartu grafis. Tentu, Anda ingin menargetkan orang yang ingin membeli GPU. Jadi, Anda akan mengawasi pelanggan yang tertarik dengan perangkat keras game. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melacak kata kunci tertentu yang sesuai dengan minat bisnis Anda.

Di beranda Power Automate, gunakan kotak pencarian dan cari 'Twitter ". Klik Send an email for new Tweets about a certain keyword. Hubungkan akun Twitter Anda dengan mengklik tanda + dan memasukkan kredensial Anda. Mengklik Continue akan mengambil Anda ke layar kustomisasi aliran.

Sesuaikan aliran dengan informasi yang benar di bidang yang disediakan:
  • Di kotak When a new tweet appears, masukkan frasa yang ingin Anda perhatikan.
  • Di kotak Get User, masukkan nama pengguna yang ingin Anda pantau.
  • Di kotak Send email, masukkan alamat email yang ingin Anda kirimi email.

Klik Save, dan Anda akan membuat aliran Anda.

Simpan Lampiran Email ke OneDrive

Menghapus email lama disertai dengan risiko kehilangan lampiran email penting seperti kontrak. Menggunakan Microsoft Power Automate, Anda dapat membuat alur kerja untuk secara otomatis menyimpan lampiran baru ke penyimpanan cloud OneDrive Anda.

Cari "OneDrive" menggunakan kotak pencarian dan klik Save Outlook.com email attachments to your OneDrive. Setelah itu, masukkan email dan kredensial OneDrive Anda. Klik Create Flow untuk mengatur alur kerja Anda.

Setelah Anda membuat aliran Anda, Anda akan melihat layar aliran tempat Anda dapat mengelola aliran Anda. Misalnya, Anda dapat menghapus, mengubah, dan melihat riwayat arus Anda saat ini. Selanjutnya, Anda juga dapat mempublikasikannya sebagai templat dengan mengklik Submit as template.

Membuat Tugas Custom di Power Automate

Alur kerja dari templat yang sudah ada menyederhanakan banyak tugas tetapi juga bisa membatasi. Ada situasi ketika Anda ingin mengotomatiskan tugas yang tidak memiliki template yang telah dibuat sebelumnya. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat membuat aliran Anda sendiri.

Mari buat aliran khusus untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada seseorang setiap tahun. Untuk melakukan ini, klik Create di sidebar kiri. Ini akan membawa Anda ke layar pembuatan aliran tempat Anda dapat memilih jenis aliran yang ingin Anda buat.

Karena kami ingin mengirim ucapan selamat ulang tahun, itu akan menjadi aliran terjadwal yang berjalan pada tanggal yang ditentukan. Jadi, klik Scheduled Cloud Flow.

Sebuah layar akan muncul di mana Anda harus memberi aliran nama, tanggal mulai, dan siklus berulang. Jadi, beri nama aliran apa pun yang Anda inginkan dan masukkan tanggal yang Anda inginkan untuk menjalankan aliran tersebut. Masukkan 12 di Repeat every kotak, dan pilih bulan dari daftar dropdown.

Klik Create.

Setelah berada di layar baru, klik + New step, dan pilih Send an email notification dengan mencari "email" atau menggulir ke bawah.

Masukkan detail email, dan klik Save.

Memulai Dengan Microsoft Power Automate

Otomatisasi tugas-tugas biasa dapat menghemat banyak waktu. Menggunakan Microsoft Power Automate, Anda dapat membuat alur kerja untuk menangani tugas-tugas kasar untuk Anda. Tapi kenapa berhenti di situ?

Power Automate dapat membawa proses bisnis Anda ke level berikutnya jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Ini dapat membantu Anda mengumpulkan data dan berkoordinasi dengan mulus antara aplikasi pihak ketiga untuk mengosongkan sumber daya untuk lebih banyak tugas langsung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengotomatiskan Tugas Anda Menggunakan Microsoft Power Automate"

Post a Comment