4 Cara Untuk Mencadangkan Komputer Windows Anda ke Cloud
Penyimpanan cloud adalah cara mudah untuk mencadangkan PC Anda. Berikut beberapa cara untuk mencadangkan data Anda dengan mudah!
Jika Anda tidak mencadangkan data komputer Anda, Anda harus memulainya sekarang. Cerita kehilangan data adalah hal biasa; pergi tanpa cadangan tidak sebanding dengan risikonya. Jangan menunggu sampai Anda kehilangan seluruh skripsi atau foto keluarga yang tak tergantikan, mulailah membuat cadangan hari ini.
Ada banyak cara untuk mencadangkan komputer Anda, yang biasanya termasuk dalam pencadangan lokal (offline) dan cloud (online). Hari ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mencadangkan komputer Windows Anda ke cloud menggunakan tiga layanan penyimpanan cloud populer, serta alat pencadangan cloud khusus.
Langkah Pertama: File Mana Yang Harus Anda Cadangkan
Saat berbicara tentang mencadangkan komputer, ini tidak berarti keseluruhan sistem. Membuat salinan dari setiap file, folder, aplikasi, dan data lainnya berarti mengkloning hard drive Anda, yang merupakan proses yang lebih rumit yang tidak perlu bagi kebanyakan orang.
Anda hanya perlu melakukan backup file data pribadi. Jenis file utama meliputi dokumen, spreadsheet, presentasi, foto dan gambar, musik, dan video. Dengan kata lain, Anda harus mencadangkan file apa pun yang Anda buat atau peroleh secara pribadi dan ingin Anda simpan.
Anda tidak perlu mencadangkan file sistem. Jika Anda memiliki masalah dengan Windows, Anda dapat menggunakan Pemulihan Sistem atau reset pabrik penuh untuk kembali ke titik waktu sebelumnya atau mengatur ulang seluruh sistem Anda. Keduanya berfungsi tanpa Anda mencadangkan apa pun secara manual.
Anda tidak harus mencadangkan aplikasi. Aplikasi dapat memakan waktu beberapa gigabyte dan mudah dipasang ulang, jadi Anda lebih baik mencadangkan file konfigurasi yang membuat aplikasi unik untuk Anda. Jika Anda perlu menginstal ulang aplikasi, cukup ganti file konfigurasi setelah mengunduh salinan terbaru dari situs webnya, dan Anda sebaiknya melakukannya dalam banyak kasus.
Bagian rumitnya adalah tidak semua aplikasi menyimpan file konfigurasi di tempat yang sama. Beberapa disimpan langsung di folder yang diinstal aplikasi, yang lain disimpan di folder pengguna Anda, dan yang lainnya disimpan di folder AppData sistem Anda. Terserah Anda untuk mempelajari file mana yang harus dicadangkan untuk setiap aplikasi yang biasa Anda gunakan.
Cara Mencadangkan Komputer Anda Ke Google Drive
Aplikasi desktop Google Drive sekarang disebut Backup and Sync. Meskipun masih memungkinkan Anda mengakses file Google Drive Anda, Anda juga dapat menggunakannya sebagai alat cadangan. Ini memungkinkan Anda mencadangkan file ke cloud meskipun tidak ada di folder Google Drive Anda.
Karena Google Drive memberi Anda 15GB gratis (tersebar di seluruh akun Gmail, Google Drive, dan Google Foto Anda), ini adalah opsi yang menarik untuk pencadangan dasar. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, berlangganan Google One untuk mendapatkan 100GB ruang seharga $ 2 per bulan, 200GB untuk $ 3 per bulan, atau 2TB untuk $ 10 per bulan.
Berikut cara mencadangkan file Anda menggunakan Google Drive:
- Instal utilitas Backup and Sync, lalu luncurkan dan masuk ke akun Google Anda. Jika Anda tidak menyiapkan cadangan selama penyiapan awal, klik ikon Backup and Sync di Baki Sistem Anda, diikuti oleh Menu > Preferences tiga titik.
- Pada tab My Computer, pilih folder mana yang ingin Anda buat cadangannya. Ini menunjukkan lokasi umum, tetapi Anda dapat menambahkan sebanyak yang Anda inginkan menggunakan tautan Choose Folder. Anda juga dapat mengklik teks My Computer untuk memberinya nama yang lebih deskriptif.
- Klik tombol Change untuk memutuskan apakah Anda ingin mencadangkan semua file, atau hanya foto / video. Di bawah Advanced settings, Anda juga dapat memilih untuk mengabaikan file dengan ekstensi tertentu.
- Jika Anda juga ingin mencadangkan perangkat yang dapat dilepas, klik teks USB Devices & SD Cards untuk memilih perangkat mana yang akan dicadangkan.
- Selama Pencadangan dan Sinkronisasi aktif, itu akan mencadangkan folder yang Anda pilih. Anda harus mengaktifkan Open Backup and Sync on system startup pada tab Settings sehingga berjalan setiap kali Anda mem-boot Windows.
Untuk mengakses cadangan Anda di masa mendatang, buka situs web Google Drive dan masuk jika perlu. Dari bilah sisi kiri, pilih Computers > My Computer untuk mengakses semua yang telah Anda cadangkan.
Cara Mencadangkan Komputer Anda ke OneDrive
Seperti Google Drive, OneDrive menawarkan fitur cadangan dasar selain fungsionalitas penyimpanan cloud yang biasa. Artinya, apa pun yang Anda masukkan ke folder OneDrive akan disinkronkan ke semua perangkat Anda, tetapi Anda juga dapat melindungi file di lokasi lain.
OneDrive memiliki keuntungan karena dibangun ke dalam Windows 10, tetapi sayangnya menawarkan penyimpanan yang jauh lebih sedikit. Anda mendapatkan 5GB gratis dan dapat membayar $ 2 / bulan untuk ruang 100GB. Selain itu, Anda harus berlangganan Microsoft 365 untuk mendapatkan 1TB penyimpanan OneDrive.
Berikut cara mencadangkan file Anda menggunakan OneDrive:
- Di Windows 10, OneDrive seharusnya sudah diinstal. Anda dapat memeriksanya melalui ikon di System Tray Anda atau dengan mencarinya di menu Start.
- Jika Anda tidak memilikinya, unduh dan instal OneDrive, lalu masuk dengan akun Microsoft Anda.
- Klik ikon OneDrive di System Tray Anda, diikuti oleh Help & Settings > Settings untuk membuka panel opsinya.
- Beralih ke tab Backup dan klik Manage backup. Ini akan membuka jendela baru tempat Anda dapat memilih untuk mencadangkan folder Desktop, Documents, dan / atau Pictures. Tidak seperti Google Drive, Anda tidak dapat memilih folder lain untuk dicadangkan.
- Klik Start Backup untuk menjalankan pencadangan sekarang. Setelah ini selesai, OneDrive akan terus mencadangkan file di folder pilihan Anda.
- Juga di tab Backup, centang kotak di bawah Photos and videos jika Anda ingin mencadangkan gambar dan video dari perangkat yang dapat dilepas. Centang kotak di bawah Screenshots untuk mencadangkan tangkapan layar juga.
- Terakhir, pastikan Anda mengaktifkan Start OneDrive automatically when I sign in to Windows pada tab Settings sehingga Anda tidak perlu membukanya secara manual untuk menjalankan pencadangan.
Anda akan menemukan file yang dicadangkan di akun OneDrive Anda dengan nama yang sama (seperti Desktop).
Cara Mencadangkan Komputer ke Dropbox
Seperti dua opsi lainnya, Dropbox sekarang menawarkan cadangan komputer selain penyimpanan cloud standar. Namun, Dropbox adalah layanan paling terbatas, dengan paket gratisnya hanya menawarkan sedikit penyimpanan 2GB. Langkah selanjutnya adalah paket Plus $ 12 / bulan untuk 2TB, yang merupakan perbedaan yang cukup besar.
Karenanya, kami menyarankan Anda menghindari Dropbox untuk cadangan cloud. Alat di atas menawarkan lebih banyak penyimpanan dasar dan opsi harga yang lebih fleksibel jika Anda hanya membutuhkan sedikit peningkatan penyimpanan.
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Dropbox untuk mencadangkan komputer Anda ke cloud, berikut caranya:
- Jika Anda belum memasang aplikasinya, unduh dan pasang Dropbox, lalu masuk.
- Klik ikon Dropbox di Baki Sistem Anda, lalu pilih gambar profil Anda dan pilih Preferences dari menu yang dihasilkan untuk membuka opsi Dropbox.
- Pilih tab Backups, diikuti oleh tombol Set up.
- Anda akan melihat jendela baru tempat Anda dapat memilih untuk mencadangkan folder Desktop, Documents, dan Downloads. Pilih yang ingin Anda cadangkan, lalu tekan Set up lagi.
- Dropbox akan meminta Anda untuk memulai uji coba gratis Dropbox Plus; tekan continue dengan Dasar diikuti oleh Yes, terus tolak ini. Perlu diingat bahwa jika Anda kehabisan ruang Dropbox, pencadangan akan dihentikan.
- Dropbox akan mulai mencadangkan folder Anda dan terus mengabari kemajuan Anda. Namun, ini tidak akan berfungsi jika Anda telah mencadangkan folder yang sama ke penyedia penyimpanan cloud lain.
- Pada tab General, centang kotak Start Dropbox on system startup untuk menjalankannya sepanjang waktu.
Setelah dicadangkan, Anda akan melihat file-file ini di Dropbox Anda di bawah My PC [Nama Komputer].
Cadangkan Ke Cloud Dengan Layanan Cadangan Cloud Penuh
Di atas, kami telah melihat opsi cadangan untuk tiga penyedia penyimpanan cloud utama. Meskipun ini berguna, dan gratis jika Anda tidak memiliki banyak data untuk dicadangkan, pengguna cadangan berat harus mencari alat khusus untuk pencadangan cloud. Ini memungkinkan Anda mencadangkan lebih banyak data dengan biaya lebih rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak ruang yang Anda gunakan.
Bagi kebanyakan orang, kami merekomendasikan Backblaze. Biayanya $ 6 / bulan atau $ 60 / tahun untuk backup tak terbatas di satu komputer, termasuk drive yang dapat dilepas. Ini mencadangkan folder paling penting untuk Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang mengambilnya secara manual jika Anda tidak nyaman melakukannya. Jika Backblaze tidak berhasil untuk Anda, lihat layanan backup online hebat lainnya.
Mencadangkan Data Windows ke Cloud Lebih Mudah
Sekarang Anda memiliki beberapa opsi mudah untuk mencadangkan PC Anda ke cloud. Dan meskipun mencadangkan ke cloud itu nyaman, ada kerugiannya.
Jika layanan penyimpanan menutup pintunya, Anda akan kehilangan data atau harus memigrasikannya ke tempat lain. Tanpa koneksi internet, Anda tidak dapat mencadangkan data baru atau memulihkan data yang ada. Anda juga dibatasi oleh kecepatan koneksi internet Anda, ditambah lagi layanan dapat mengubah batasan dan harga kapan pun mereka mau.
Untungnya, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk mencadangkan komputer Anda. Menggabungkan cadangan lokal dengan salah satu opsi pencadangan cloud ini adalah rencana yang bagus.
0 Response to "4 Cara Untuk Mencadangkan Komputer Windows Anda ke Cloud"
Post a Comment