8 Cara Memperbaiki Email Berhenti Menyinkron di Android
Jika email Anda tidak disinkronkan di Android, kami menunjukkan beberapa metode untuk mendapatkan email Anda kembali di perangkat Anda.
Ponsel Anda diam selama berjam-jam dan Anda belum mendengar satu nada pun untuk email masuk. Jika ini tidak biasa, Anda mungkin mengalami masalah: ponsel Android Anda kemungkinan besar tidak menyinkronkan email Anda, sehingga Anda tidak benar-benar menerima pesan apa pun di perangkat Anda.
Masalah seperti ini dapat membuat Anda melewatkan email penting, yang dapat menjadi masalah yang mahal jika Anda tidak menyelesaikannya dengan cepat. Untungnya, kami akan menunjukkan cara untuk memperbaiki saat email Anda tidak disinkronkan di perangkat Android Anda.
Pastikan Sinkronisasi Email Otomatis Diaktifkan
Sebagian besar klien email mengaktifkan sinkronisasi otomatis sehingga Anda dapat menerima email tanpa penundaan. Namun, jika Anda telah mengubah pengaturan apa pun yang berkaitan dengan sinkronisasi email, itu dapat memengaruhi cara aplikasi menyinkronkan email Anda.
Anda dapat memeriksa apakah ini sebabnya email Anda tidak disinkronkan dengan mengaktifkan opsi sinkronisasi otomatis di aplikasi email Anda. Aplikasi kemudian secara otomatis mencari email baru dan memberi tahu Anda ketika pesan baru tiba.
Anda dapat mengaktifkan sinkronisasi otomatis dari menu pengaturan aplikasi email Anda. Di sini kami menunjukkan cara melakukannya di Gmail, tetapi langkah-langkahnya harus serupa untuk sebagian besar klien email lainnya:
- Luncurkan aplikasi email Anda, seperti Gmail.
- Ketuk ikon hamburger di sudut kiri atas dan pilih Settings.
- Pilih akun email, jika Anda memiliki beberapa akun yang ditambahkan ke ponsel Anda.
- Gulir ke bawah dan pastikan Sync Gmail atau opsi serupa diaktifkan.
Lakukan Sinkronisasi Email Manual
Jika sinkronisasi otomatis tidak berfungsi karena alasan tertentu, ponsel Anda memiliki opsi untuk melakukan sinkronisasi manual. Ini memaksa aplikasi email Anda untuk menyinkronkan, menemukan, dan mengunduh email baru ke perangkat Anda.
Opsi ini berfungsi seperti sinkronisasi biasa, kecuali Anda perlu masuk ke pengaturan secara manual dan mengetuk opsi. Untuk melakukannya:
- Buka aplikasi Settings di ponsel Anda dan pilih Accounts.
- Pilih akun email yang mengalami masalah sinkronisasi.
- Ketuk opsi Account sync untuk melihat semua fitur yang dapat Anda sinkronkan.
- Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar Anda dan pilih Sync now.
- Ponsel Anda akan mulai menyinkronkan data Anda, termasuk email Anda.
- Jika ada email baru yang tersedia, Anda akan melihatnya di klien email Anda.
Kosongkan Penyimpanan Perangkat Android Anda
Saat ponsel Anda mengunduh email, ini menggunakan beberapa ruang di memori ponsel Anda. Jika Anda kehabisan penyimpanan di ponsel Anda, mungkin itu sebabnya email Anda tidak disinkronkan (terutama jika Anda mencoba mengunduh email dengan lampiran besar).
Untungnya, Anda dapat memperbaikinya dengan menghapus file yang tidak diperlukan dari ponsel Anda sebagai berikut:
- Buka aplikasi Settings dan ketuk Penyimpanan atau Storage.
- Anda akan melihat total dan ruang memori yang tersedia di perangkat Anda.
- Ketuk Free Up Space untuk menemukan file yang dapat Anda hapus untuk mengosongkan ruang pada perangkat Anda.
Tidak semua ponsel Android memiliki opsi ini untuk menemukan dan menghapus file yang memonopoli ruang. Jika milik Anda tidak memilikinya, cari tahu cara lain untuk mengosongkan ruang di Android.
Pastikan Kata Sandi Yang Benar Dimasukkan Di Aplikasi Email Anda
Saat Anda mengubah kata sandi untuk akun email Anda, Anda juga harus memperbaruinya di aplikasi email di ponsel Anda. Jika Anda tidak melakukannya, ponsel Anda tidak akan dapat menyinkronkan email baru, karena tidak memiliki otorisasi untuk melakukannya.
Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan membuka aplikasi email Anda dan memasukkan kata sandi baru Anda. Aplikasi kemudian akan terhubung ke server email dan mengambil pesan baru untuk Anda.
Ingatlah untuk memperbarui kata sandi di mana pun Anda menggunakan akun itu setiap kali Anda mengubah kata sandinya.
Hapus Cache Dan Data Untuk Aplikasi Email Anda
Seperti semua aplikasi di perangkat Anda, aplikasi email Anda menyimpan data dan file cache di ponsel Anda. Meskipun file-file ini biasanya tidak menyebabkan masalah apa pun, ada baiknya membersihkannya untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah sinkronisasi email di perangkat Android Anda.
Menghapus data dan file cache tidak akan menghapus email Anda; email Anda disimpan di server penyedia email Anda. Untuk membersihkan cache:
- Akses aplikasi Settings dan ketuk Apps & notifications.
- Temukan aplikasi email Anda, seperti Gmail, dan ketuk di atasnya.
- Ketuk opsi Storage.
- Anda akan melihat berapa banyak ruang yang digunakan aplikasi email Anda. Ketuk Clear Cache untuk menghapus data cache. Anda juga dapat memilih Clear Storage jika Anda mau, tetapi perlu diingat ini akan menghapus semua data aplikasi dari ponsel Anda seolah-olah Anda menginstalnya kembali. Anda harus masuk lagi dan melakukan sinkronisasi awal pesan Anda.
- Buka aplikasi email Anda dan konfigurasi ulang jika perlu.
Perbarui Aplikasi Email Anda
Untuk kinerja terbaik, Anda harus selalu memperbarui aplikasi Anda. Jika sudah lama sejak Anda memperbarui aplikasi email, ada baiknya mencari di Play Store jika pembaruan tersedia.
Pembaruan baru memperbaiki banyak bug yang ada di aplikasi. Jika email Anda tidak disinkronkan karena bug seperti itu, ini akan memperbaiki masalah Anda:
- Luncurkan Play Store di ponsel Anda.
- Cari aplikasi email Anda menggunakan fitur pencarian, atau buka sidebar kiri dan My & games untuk mencari aplikasi dengan pembaruan yang tertunda.
- Jika pembaruan tersedia, ketuk Update untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.
Tambahkan Kembali Akun Email Ke Aplikasi Email Anda
Jika Anda masih belum menemukan perbaikannya, Anda mungkin mengalami masalah dengan konfigurasi akun email. Dalam kasus ini, menghapus dan menambahkan kembali akun Anda ke aplikasi dapat memperbaikinya. Dengan cara ini, Anda dapat mengonfirmasi pengaturan untuk memastikan tidak ada yang salah konfigurasi.
Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menghapus akun email Anda dari aplikasi. Gunakan opsi di aplikasi untuk melakukan itu; Anda juga dapat menuju ke Settings > Accounts, ketuk akun, dan pilih Remove account untuk melepasnya dari telepon Anda. Kemudian, tambahkan kembali akun yang sama menggunakan opsi di klien email Anda.
Aktifkan Notifikasi Untuk Aplikasi Email Anda
Terakhir, bisa jadi email disinkronkan dengan baik, tetapi ponsel Anda tidak mengirimkan pemberitahuan untuk mereka. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mengaktifkan pemberitahuan untuk klien email Anda:
- Buka Settings > Apps & notifications dan ketuk aplikasi email Anda (gunakan See all apps jika diperlukan).
- Ketuk opsi Notifications.
- Putar sakelar untuk semua opsi Show notifications ke posisi On. Sesuaikan kategori di bawah jika Anda suka.
Bekerja Secara Efisien Dengan Email Anda
Jika Anda kehilangan email karena ponsel Anda tidak menyinkronkannya, Anda seharusnya telah memperbaiki masalah tersebut menggunakan metode di atas. Anda sekarang kembali ke jalur biasa dengan email dan pekerjaan biasa Anda.
Sekarang email Anda kembali aktif dan berjalan, Anda harus memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi email Anda. Lihatlah Cara Mengurutkan Kotak Masuk Gmail Anda berdasarkan Pengirim, Subjek, dan Label.
0 Response to "8 Cara Memperbaiki Email Berhenti Menyinkron di Android"
Post a Comment