Cara Memperbaiki Hard Disk Drive Mati Untuk Memulihkan Data

Ketika saya menyadari hard drive saya gagal, itu sedikit seperti berkelap-kelip mata. Yang bisa saya pikirkan hanyalah ratusan foto saya dan tidak punya cadangannya. Saya bertekad untuk membawa mereka kembali dan saya berhasil

Jika hard disk drive Anda gagal, panduan ini akan membantu Anda dengan perbaikan dan pemulihan data. Apakah Anda mencari bantuan dengan solid state drive yang gagal? Yang terbaik adalah segera beralih ke ahli.

Kisah Hard Disk Saya Mati
Beberapa tahun yang lalu, saya mengalami kegagalan hard drive. Laptop saya bertingkah aneh. Ketika masalah tetap ada setelah reboot, saya tahu itu lebih dari sekadar RAM yang terlalu panjang. Saya segera mulai membuat cadangan file terbaru. Sekitar setengah jam kemudian, hard drive gagal terdengar dan laptop tidak mau boot lagi.

Saya punya cadangan, tetapi tidak semuanya. Hanya beberapa minggu sebelumnya, drive cadangan saya telah mencapai kapasitas. Untuk mencadangkan file kerja penting, saya memutuskan untuk menghapus foto pribadi saya. Ironisnya, saya sudah membeli drive eksternal baru, tetapi saya belum meluangkan waktu untuk membuat cadangan penuh. Sekarang foto saya hilang dan saya hancur.

Selama beberapa minggu ke depan, saya mencari cara untuk memulihkan data dan mempertimbangkan melakukan segalanya dan melakukan sebagian besar dari itu untuk menghidupkan kembali hard drive lama.

Hard Drive Eksternal? Periksa Enclosure dan Kabel
Ketika hard drive eksternal Anda gagal, itu dapat melakukannya untuk semua alasan yang sama drive internal dapat gagal. Namun, kadang-kadang, bukan drive yang berhenti berfungsi, melainkan koneksi di dalam enklosur! Dan dalam hal ini, drive mudah untuk dihidupkan kembali.

Sebelum Anda membuka perangkat keras apa pun, pastikan untuk melepaskan listrik statis tubuh Anda, mis. Hubungkan diri Anda ke tanah. Lepaskan hard drive dari casingnya dan gunakan kabel data IDE / SATA dan konektor daya untuk memasang drive secara internal di komputer desktop Anda. Atau, Anda bisa mendapatkan adaptor IDE / SATA ke USB atau penutup USB baru, sehingga Anda dapat menghubungkan drive secara eksternal melalui USB.

Gambar di atas menunjukkan konektor SATA (depan) dan konektor IDE (belakang).

Setelah Anda menghubungkan kembali drive eksternal ke komputer Anda, mengingat enklosur adalah penyebabnya, Windows harus mengenalinya dan menetapkan huruf drive. Drive akan muncul di bawah File Explorer> PC ini. Anda juga dapat memeriksa di bawah Disk drive di Device Manager (tekan Windows + X untuk menemukan opsi).

Jika drive tidak muncul di mana pun, Anda dapat mencoba menemukan drive Anda secara manual untuk mempersempit masalah; prosesnya dijelaskan lebih jauh ke bawah.

Hard Drive Internal? Periksa Semua Koneksi Kabel
Terkadang, bukan drive yang gagal, tetapi koneksi fisik kabel yang menghubungkan drive dengan motherboard komputer. Anda hanya dapat berharap bahwa ini adalah masalah Anda! Jadi sebelum Anda mempekerjakan seseorang, pastikan data dan kabel daya terhubung dengan benar di kedua ujungnya.

Untuk mencegah bahaya bagi kesehatan Anda, penting untuk mematikan komputer dan mencabut kabel daya. Seperti yang disebutkan di atas, Anda juga perlu melepaskan listrik statis tubuh Anda, yaitu membumikan diri sendiri sebelum Anda mengerjakan bagian internal komputer Anda. Kemudian buka kasing dan pastikan semua koneksi OK.

Cara Memasang Secara Fisik Hard Drive Internal Kedua
Setelah Anda memastikan koneksi OK, boot komputer lagi. Jika Anda memiliki komputer desktop, Anda dapat membiarkan kasingnya terbuka, tetapi jauhi interiornya.

Apakah Hard Drive Anda Membuat Suara
Saat Anda mencoba menjalankan hard drive, dengarkan suara yang dihasilkannya. Apakah benar-benar mati? Atau masih berputar? Seperti apa sebenarnya itu? Bandingkan suara Anda dengan daftar suara hard drive yang disediakan oleh Data Cent. Ini akan membantu Anda mendiagnosis jenis kerusakan.

Kerusakan dapat berupa internal atau eksternal. Bunyi klik, misalnya, menunjukkan kepala mungkin tidak berfungsi, mis. Kerusakan internal. Drive yang benar-benar mati, di sisi lain, bisa disebabkan oleh papan sirkuit tercetak yang rusak (PCB), yang akan menjadi kerusakan eksternal.

Apakah Windows Mengenali Hard Drive Anda
Terkadang, Anda dapat mendengar drive Anda berputar, tetapi tidak pernah muncul. Atau mungkin benar-benar mati. Untuk menentukan jenis kerusakan, coba periksa apakah komputer Anda mengenali drive atau tidak.

Anda dapat melakukan ini melalui BIOS jika itu adalah hard drive utama dan komputer Anda tidak lagi melakukan booting. Setelah Anda menyalakan komputer, masukkan BIOS dengan menekan tombol pemicu, yang bisa berupa Del, Esc, F2, atau F10, tergantung pada pabrikannya. atau lihat artikel ini Cara Memasuki BIOS di Semua Merk Komputer Anda

Di dalam BIOS, navigasikan melalui menu yang tersedia untuk menemukan di mana itu daftar jenis drive yang terhubung ke komputer. Anda harus menemukan informasi ini di bawah menu Advanced, tetapi Anda mungkin juga menemukannya secara tidak langsung di bawah pengaturan Boot.
Baca Juga
Jika Anda telah menghubungkan drive ke komputer lain, Anda tidak perlu mengakses BIOS sama sekali. Di Windows, klik kombinasi tombol Windows + R, yang akan meluncurkan jendela Jalankan input.

Ketik cmd ke dalam bidang dan tekan Enter. Ini akan membuka Command Prompt. Di sini ketik diskpart dan tekan Enter, untuk membuka masing-masing alat. Di jendela diskpart, ketik  list volume dan tekan Enter untuk menampilkan semua drive yang terhubung ke komputer Anda.

Jika Windows mengenali drive Anda, artinya drive itu muncul di bawah diskpart, tetapi tidak muncul sebagai drive yang dapat diakses, kemungkinan Windows hanya mengenali PCB, tetapi drive itu sendiri rusak (kerusakan internal). Dengan kata lain, jika drive dikenali dalam segala bentuk atau bentuk, PCB kemungkinan besar berfungsi dan menggantinya tidak akan memperbaiki hard drive!

Apakah Papan Sirkuit rusak
Secara teknis, PCB eksternal relatif mudah untuk diganti. Namun, kami sangat menyarankan untuk tidak mengganti PCB sendiri. Tidak semudah menemukan model yang cocok.

Kecuali jika hard drive Anda kuno, PCB dan disk akan menggunakan mikrokode unik untuk berkomunikasi. Jika Anda mengganti PCB dari drive yang memerlukan mikrokode ini untuk boot, Anda dapat merusak data Anda secara permanen.

Menurut Datarecovery.com, spesialis dapat "menyalin, menulis ulang, atau memperbaiki mikrcode menggunakan peralatan canggih."

Ketika hard drive saya gagal, PCB baik-baik saja; drive itu masih dikenali dan berputar, tetapi tidak muncul di Windows, artinya saya tidak bisa mengaksesnya, dan tidak ada alat pemulihan perangkat lunak yang bisa membantu saya.

Jadi saya menaruh harapan terakhir saya ke dalam beberapa trik yang tidak jelas yang akan Anda temukan mengambang di internet, seperti mengguncang drive, memukulnya ke permukaan yang keras, mengeksposnya untuk mengeringkan panas dalam oven, atau menempelkannya di freezer semalaman . Jika Anda tahu cara kerja hard drive, maka semua metode ini akan membuat Anda menggigil!

Yah, saya tidak berani melelehkan drive saya, tetapi kecurigaan saya adalah bahwa kepalanya macet. Jadi saya mengguncangnya; tidak berhasil. Karena saya bisa mengikuti alasannya, saya juga membungkus drive saya dengan Ziploc yang kedap udara dan memasukkannya ke dalam freezer semalaman. Idenya adalah bahwa suhu rendah menyebabkan logam menyusut dan berkontraksi.

Jadi jika kepalanya macet, hawa dingin mungkin bisa melepaskannya. Sayangnya, itu juga tidak berhasil. Dan saya mungkin menyebabkan pengembunan pada pelat hard drive, yang bisa menyebabkan kerusakan lebih banyak. Saya akhirnya menyerah dan menyimpan drive untuk masa depan di mana saya berharap dapat membayar pemulihan data profesional.

Saran Strategi Cadangan
Jika Anda berhasil dengan salah satu metode yang dipertanyakan di atas, perhatikan bahwa perbaikannya akan bersifat sementara! Jadi bersiaplah. Ketahui persis apa yang ingin Anda buat cadangannya dan caranya. Miliki perangkat lunak cadangan yang tepat untuk menyalin data Anda dengan cepat dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Jika Anda ingin menyalin file secara manual, salin saja satu set file sekaligus! Jika Anda membuat kepala pusing di antara terlalu banyak file dengan memulai beberapa proses salin dan tempel, Anda akan memperlambat keseluruhan proses pencadangan dan meningkatkan kemungkinan terjadinya crash.

Konsultasikan dengan Spesialis untuk Pemulihan Data Profesional
Jika Anda bisa mendapatkan bantuan profesional atau tidak mampu menunggu keajaiban, lakukan konsultasi dengan spesialis. Rekomendasi saya adalah pergi dengan perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Mereka harus bekerja dengan teknisi dan peralatan profesional, dapat membuka hard drive Anda di kamar yang bersih atau dalam kondisi bebas debu, mengikuti standar industri, dan memiliki kredensial yang kuat, serta rekomendasi yang sangat baik. Bagaimanapun, Anda akan mempercayai mereka dengan data pribadi Anda.

Sebelum Anda memilih perusahaan, pastikan Anda memahami kondisinya! Sebagian besar biaya hanya untuk melihat drive dan membuat rekomendasi. Mereka akan mengenakan biaya tambahan untuk benar-benar mencoba memulihkan data. Beberapa akan membebankan biaya pemulihan penuh, bahkan jika mereka gagal memulihkan data.

Mendiagnosis dan memperbaiki hard drive yang rusak adalah urusan serius. Jangan menganggap serius, tetapi juga mencoba untuk mengecualikan beberapa penyebab yang lebih sederhana untuk memperbaiki sebelum Anda membayar ratusan ribu kepada spesialis. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik. Seberapa jauh Anda mendiagnosis dan memperbaiki hard drive Anda akan tergantung pada seberapa penting data bagi Anda.

Bahkan jika Anda berhasil memperbaiki drive Anda dan memulihkan semua data Anda, saya tidak akan mempercayai hard drive ini lagi. Inilah yang dapat Anda lakukan dengan hard drive lama Anda. Dan inilah yang harus Anda ketahui saat membeli hard drive baru.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Hard Disk Drive Mati Untuk Memulihkan Data"

Post a Comment