Cara Menggunakan Android Tanpa Google

Selama beberapa tahun terakhir, saya membuat perubahan besar pada cara saya menggunakan ponsel. Saya memutuskan untuk menggunakan Android tanpa Google.

Bisakah saya menggunakan Android tanpa akun Google? Ternyata, melepaskan Google adalah mungkin, dan pengalamannya tidak seburuk yang Anda kira.

Ini adalah melihat apa yang masih bisa saya lakukan di Android tanpa bergantung pada layanan Google apa pun, termasuk Google Play Services, dan apa yang harus saya menyerah.

Pertama, Mengapa Menggunakan Android Tanpa Google
Hanya sekelompok orang tertentu yang bersedia memberikan akses ke Play Store dan rangkaian aplikasi Google. Yang mengatakan, Anda mungkin salah satu dari mereka. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan ponsel Android Google-gratis; berikut adalah beberapa yang besar.

Google Sudah Tidak Terkendali 
Ketika saya pertama kali mulai menggunakan Google, itu untuk melakukan pencarian. Kemudian itu menjadi cara untuk mengelola surat, yang kemudian berubah menjadi tempat untuk olahpesan cepat. Kemudian, Google menjadi cara untuk melihat peta, yang berubah menjadi pengganti GPS yang mengarahkan saya keliling kota. Lebih jauh lagi, itu menjadi tempat untuk menulis dokumen dan menyimpan file. 

Google menjadi cara untuk menjelajahi web dan menyinkronkan setiap halaman yang saya kunjungi. Kemudian itu berubah menjadi cara untuk mengunduh dan mengelola aplikasi, melacak perangkat Android, dan menghapusnya dari jarak jauh. Pencarian di Android menjadi Google Now, yang kemudian menjadi Google Assistant, asisten digital yang menggunakan semua yang Google ketahui tentang kami berdasarkan aktivitas kami.

Saya tidak menentang berbagi informasi ini dengan perusahaan, tetapi membagikannya dengan satu perusahaan agak banyak. Ini membawa kita ke alasan berikutnya.

Anda Ingin Meningkatkan Privasi Anda 
Layanan Google Play berjalan di latar belakang pada setiap perangkat Android yang dikirimkan bersama Play Store. Ini membantu Google melakukan sejumlah tugas, mulai dari memasang aplikasi dari jarak jauh hingga menarik lokasi Anda. Layanan ini juga memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke beberapa fungsi itu.

Memilih untuk menggunakan Android tanpa masuk ke akun Google mengurangi beberapa informasi yang Anda berikan. Konon, itu tidak akan tiba-tiba mengubah perangkat Anda menjadi hantu. Tindakan ping dan koneksi ke menara sel membuat ponsel secara inheren dapat dilacak. Tetapi melakukan perubahan ini mengurangi beberapa informasi yang Anda hasilkan dan bagikan.

Anda Suka Open Source 
Android adalah sistem operasi open source, tetapi sebagian besar perangkat lunak yang kami gunakan di ponsel kami tidak. Jika Anda hanya ingin menggunakan bit sumber terbuka, cara termudah adalah mengganti firmware default ponsel Anda dengan ROM khusus. 

Dengan cara ini, Anda tahu Anda mendapatkan bagian yang Google sumbangkan untuk Proyek Sumber Terbuka Android. Tentu, ada beberapa bit hak milik yang membuat radio dan sensor ponsel Anda berfungsi, tetapi itu adalah kompromi yang sama dengan yang kita lakukan ketika kita menginstal Linux pada PC kita.

Karena sangat sulit untuk mengetahui aplikasi mana di Play Store yang merupakan sumber terbuka, menghindarinya sepenuhnya mengurangi kemungkinan Anda memasang sesuatu sumber tertutup. Anda masih perlu mendapatkan aplikasi dari suatu tempat, tetapi kami akan kembali ke sana.

Mengapa Anda Tidak Harus Google-Free
Anda ingin tahu tentang menggunakan ponsel Android non-Google. Tapi tunggu sebentar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda ingin menahan diri.

Anda Mungkin Harus Menyerah Banyak Aplikasi 
Anda mungkin tidak dapat terus menggunakan banyak dari apa yang Anda andalkan saat ini. Mengucapkan selamat tinggal pada Google berarti kehilangan banyak aplikasi Android yang dibuat Google. 

Jika Anda memilih untuk melangkah lebih jauh, dan hanya menggunakan perangkat lunak open source, seperti yang saya lakukan, ini bahkan lebih drastis. Ucapkan selamat tinggal pada jejaring sosial, layanan streaming musik, permainan populer, sebagian besar alat navigasi, penyedia penyimpanan cloud, situs streaming video, dan banyak alat produktivitas.

Ada beberapa alternatif untuk beberapa aplikasi ini yang tersedia, tetapi jika Anda ingin menggunakan 100% open source, Anda akan kehilangan sedikit.

Pembaruan lebih lambat 
Toko aplikasi alternatif mungkin menyediakan akses ke sejumlah aplikasi yang akan Anda temukan di Google Play, tetapi pembaruan tidak segera dilakukan. Beberapa sumber ini jatuh minggu atau bulan.

Ini bukan hanya masalah kehilangan fitur-fitur terbaru.

Risiko Keamanan 
Pembaruan lambat dapat membuat Anda terbuka untuk kerentanan yang diketahui. Tapi itu bukan risiko keamanan utama yang Anda buka. Cara paling umum untuk berkompromi dengan sebuah perangkat adalah dengan menginstal perangkat lunak berbahaya, biasanya tanpa curiga. Menggunakan toko aplikasi alternatif berarti memungkinkan perangkat Anda untuk menginstal perangkat lunak di luar Play Store, membuka diri terhadap serangan semacam ini. 

Baca Juga Sayangnya, ini adalah trade-off yang harus Anda pertimbangkan sendiri. Apakah Anda mengandalkan keamanan tambahan yang berasal dari hanya menginstal perangkat lunak dari Play Store (yang, sepadan dengan nilainya, kadang-kadang dapat membuat perangkat lunak samar lewat)? Atau apakah Anda mendapatkan aplikasi dari tempat lain dan berisiko mendapatkan sesuatu yang belum diperiksa?

Aplikasi Apa Yang Dapat Anda Gunakan Di Luar Kotak
Bahkan tanpa menginstal satu aplikasi, smartphone kita sudah mampu melakukan banyak hal. Anda dapat melakukan panggilan, mengirim pesan teks, mengambil foto, mengelola kalender, mendengarkan musik, menyelesaikan masalah matematika, membuat catatan, dan menjelajahi web tanpa mencari perangkat lunak tambahan.

Ini sudah lebih dari apa yang dapat dilakukan oleh ponsel fitur, dan mari kita menjadi nyata, jutaan orang masih membawa salah satu dari mereka di sekitarnya tanpa itu memiliki efek negatif pada kehidupan mereka. Anda dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi dumbphone canggih dan berhenti di situ.

Seberapa fungsional ponsel Anda di luar kotak tergantung pada produsennya. Perangkat LG, HTC, dan Samsung dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pra-instal yang hanya akan Anda temukan di masing-masing perangkat perusahaan. Aplikasi ini akan terus berfungsi tanpa menyinkronkan ponsel Anda ke akun Google.

Pada perangkat Pixel, situasinya sedikit lebih menantang, karena perangkat ini dimuat dengan perangkat lunak Google. Bahkan jika Anda menghapus semua aplikasi yang membutuhkan akun Google untuk berfungsi, Anda masih akan kehilangan beberapa fitur di aplikasi yang tersisa.

Misalnya, aplikasi dialer masih berfungsi dengan baik, tetapi itu tidak secara otomatis menarik kontak, dan Anda hanya dapat menarik nomor yang disimpan ke perangkat Anda. Aplikasi kamera mengambil foto, tetapi tidak menawarkan untuk secara otomatis mencadangkannya ke Google Foto. Putar Musik hanya memutar file yang disimpan secara lokal.

Terus terang, situasi ini tidak mengganggu saya. Terlepas dari ketersediaan luas layanan streaming musik, saya masih membeli album dan menyimpan musik saya secara lokal. Bahkan dengan akses ke layanan cloud, saya mencadangkan banyak data saya ke hard drive. Ketika diberi pilihan untuk menyinkronkan riwayat dan tab penjelajahan saya, saya menolak.

Ini semua adalah kebiasaan yang saya bentuk karena rencana data yang terbatas, jangkauan yang tidak jelas, akses yang tidak konsisten ke koneksi internet yang andal, dan ketidaknyamanan karena memercayai perusahaan yang mempercayai data pribadi tersebut. Saya mengatakan hal ini untuk menekankan bahwa mungkin ada manfaat lain yang Anda hilangkan dengan melepaskan Google yang tidak terjadi pada saya, karena cara saya menggunakan ponsel saya.

Yang mengatakan, saya membutuhkan lebih banyak aplikasi dari ini untuk terus melakukan apa yang saya harapkan dari smartphone.

Bagaimana Anda Mendapatkan Lebih Banyak Aplikasi Tanpa Google
Ada sejumlah toko aplikasi alternatif untuk Android, tetapi saya hanya akan membahas beberapa. Yang mana yang Anda sukai akan bervariasi tergantung pada mengapa Anda memilih untuk menggunakan Android tanpa akun Google.

F-Droid 
Saya tidak hanya memilih untuk menggunakan smartphone tanpa Google. Saya juga ingin menggunakan perangkat lunak open source secara eksklusif. Karena itu, saya memilih untuk menginstal F-Droid, semacam app store yang hanya berisi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Pengguna Linux mungkin merasa lebih seperti repositori perangkat lunak. Layanan menyimpan log aplikasi baru dan memungkinkan Anda kembali ke rilis yang lebih lama jika perlu. 

F-Droid berisi lebih dari seribu aplikasi, dan saya menemukan saya bisa dapatkan hanya dengan menggunakan pilihannya. Karena itu, saya tidak memainkan banyak game di ponsel saya, saya juga tidak menggunakannya untuk menjelajahi jejaring sosial. Orang-orang yang tidak akan menemukan apa yang mereka cari di sini.

Unduh: F-Droid (Gratis)

Amazon Appstore 
Amazon Appstore telah ada sejak 2011 dan sekarang berisi lebih dari 300.000 aplikasi. Jika Anda tidak mempercayai Google tetapi masih ingin perangkat lunak Anda didistribusikan dengan nama terkenal lainnya, Amazon mungkin merupakan jalan yang tepat. Ini adalah toko aplikasi default di tablet Amazon Fire, dan koleksinya cukup besar untuk membuat orang yang membeli perangkat tersebut puas. 

Appstore tidak memiliki akses ke perangkat lunak Google, tetapi Anda tidak akan kesulitan menemukan alternatif. Anda juga akan menemukan aplikasi dari jejaring sosial utama. Tetapi untuk yang sadar privasi, saya tidak melihat bagaimana perdagangan Google untuk Amazon sama sekali merupakan peningkatan.

Unduh: Amazon Appstore (Gratis)
Alternatif Google Play lainnya 
Selain F-Droid dan Amazon Appstore, ada beberapa alternatif Google Play lainnya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memeriksa toko aplikasi LG atau toko aplikasi Samsung jika Anda memiliki salah satu perangkat mereka.

Unduh Aplikasi Langsung Dari Browser Anda

Meskipun mendapatkan perangkat lunak dari toko aplikasi adalah model yang disarankan, Anda juga memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi langsung dari situs web. Ini berisiko, jadi berhati-hatilah dengan situs web mana yang Anda percayai. Beberapa opsi penting termasuk CNET dan APK Mirror.

Kelemahan dari pendekatan ini adalah Anda tidak akan mendapatkan pembaruan otomatis, yang merupakan kerentanan keamanan. Saya sarankan mempertimbangkan ini sebagai opsi terakhir untuk aplikasi yang harus dimiliki yang tidak dapat Anda temukan di luar Play Store.

Mengganti Fitur-Fitur Android Yang Harus Dimiliki 
Smartphone memang cukup pintar seperti itu, tetapi ada beberapa fitur yang banyak dari kita tidak mau menyerah. Apa yang Anda masukkan ke dalam kategori ini akan bervariasi, tetapi ini adalah kategori di mana saya harus mencari opsi yang baik.

Pencarian dan Penjelajahan Web 
Saya tidak menggunakan ponsel saya untuk menjelajahi web sebanyak itu. Ketika saya membuka browser web, biasanya untuk mencari sesuatu. Jadi saya sangat senang menemukan bahwa DuckDuckGo, mesin pencari yang tidak melacak Anda, memiliki aplikasi Android yang menggabungkan dua pengalaman menjadi satu. 

Baca Juga Anda dapat melakukan pencarian dan membuka halaman yang dihasilkan semuanya di tempat yang sama. Anda juga dapat menjatuhkan widget di bagian atas layar beranda tempat Anda biasanya melihat Google.

Jika setengah dari pencarian Anda ada di Wikipedia, Anda mungkin ingin menginstal aplikasi Android khusus. Rute itu jauh lebih cepat daripada melalui browser.

Unduh: DuckDuckGo (Gratis)
Unduh: Wikipedia (Gratis)

Navigasi 
Google Maps dapat bekerja tanpa akun, tetapi saya sudah mengurangi penggunaan saya bahkan sebelum meninggalkan Play Store. Sebaliknya saya mencoba opsi seperti Sygic dan Nokia Here. Aplikasi ini masih tersedia di tempat-tempat di luar Play Store. 

Karena saya memutuskan untuk pergi ke rute open source, saya akhirnya menetap di OsmAnd. Ini tidak terlalu mencolok seperti aplikasi navigasi lainnya, tetapi dengan opsi untuk mengunduh peta gratis dari sebagian besar dunia, ia memang memiliki kelebihan. Saya merekomendasikan memasangkan OSMAnd dengan aplikasi pengalamatan alamat seperti Acastus, karena aplikasi ini cukup buruk dalam mengenali alamat jalan sendiri.

Unduh: OsmAnd (Gratis)
Unduh: Acastus Photon (Gratis)

Podcast 
Podcast adalah bentuk hiburan utama bagi saya. Aplikasi podcast favorit saya sebelumnya adalah BeyondPod, tetapi sekarang saya sudah mulai menggunakan AntennaPod. 

Baca Juga Hanya ada beberapa opsi lain yang tersedia di F-Droid, tetapi jika Anda tidak bekerja dengan batasan itu, Anda seharusnya tidak memiliki masalah sama sekali menemukan aplikasi podcast yang baik di toko pilihan pilihan Anda.

Unduh: AntennaPod (Gratis)

Catatan dan Daftar yang Harus Dilakukan 
Saya sangat suka Google Keep, tetapi saya bukan penggemar cara sinkronisasi semua hal ke cloud. Ini berarti saya juga menunda Evernote dan alternatif serupa. Saya lebih suka aplikasi yang hanya menyimpan catatan saya secara lokal. Untungnya, ada beberapa opsi: 

Unduh: Mirakel
Unduh: Notepad
Unduh: Tugas (garpu sumber terbuka dari Astrid)

Kurang lebih. Perangkat saya datang dengan pemutar musik yang layak, dan begitu pula OS yang dikirimkan pada sebagian besar ponsel. Jika Anda memerlukan rekomendasi, coba Shuttle, yang tersedia di Amazon Appstore. Anda juga dapat menemukan Spotify, iHeartRadio, dan Pandora di sana.

Di depan jejaring sosial, ada Facebook, Pinterest, Instagram, dan Twitter. Toko Amazon juga sarat dengan game.

Hidup Tanpa Layanan Google Play 
Tidak masuk ke akun Google memotong perusahaan dari identitas pribadi Anda, tetapi itu tidak memutuskan sambungan Google dari perangkat Anda. Untuk benar-benar bebas dari Google, Anda harus menyingkirkan layanan Google Play. Namun, Anda tidak dapat melakukannya tanpa upaya yang layak. Ini bukan salah satu aplikasi yang bisa Anda nonaktifkan. 

Ada dua pilihan yang bisa Anda buat. Opsi yang paling tidak invasif adalah melakukan rooting pada ponsel Anda, yang memungkinkan Anda menghapus perangkat lunak yang tidak dapat Anda hapus. Yang kedua adalah mengganti OS default ponsel Anda dengan ROM khusus. Saya pergi dengan pendekatan yang terakhir.

Bahkan setelah Anda melakukan ini, beberapa aplikasi memerlukan Layanan Google Play untuk dijalankan. Ini berarti melakukan tanpa beberapa aplikasi pihak ketiga yang sangat baik seperti Pushbullet. Sayangnya, aplikasi yang membutuhkan Layanan Google Play tidak ditandai dengan jelas.

Ternyata, solusi saya adalah secara eksklusif menggunakan perangkat lunak yang dapat saya temukan di F-Droid. Meskipun demikian, Anda mungkin dapat bertahan dengan apa pun yang Anda temukan di Amazon atau di pasar alternatif di mana aplikasi Google tidak tersedia. Anda akan baik-baik saja kecuali Anda mulai mencari-cari APK di web.

Bagaimana Jika Saya Hanya Menggunakan Layanan Google Play
Jika Anda tertarik untuk menghentikan Google, itu mungkin karena Anda tidak ingin memberi begitu banyak informasi kepada perusahaan.

Nah, luangkan waktu untuk pergi ke halaman Play Store layanan Google Play dan melihat daftar izin yang diperlukan. Anda mungkin tidak pernah melakukan ini sebelumnya, karena layanan latar belakang telah diinstal sebelumnya pada sebagian besar perangkat dan umumnya hanya menarik perhatian pada dirinya sendiri ketika crash. Pokoknya, perhatikan bagaimana Anda memberikan akses ke segala hal. 

Ini bukan rahasia memalukan atau apa pun. Anda dapat mengunjungi situs Google Developers untuk melihat bagaimana layanan Google Play dimaksudkan untuk diintegrasikan dengan Android dan aplikasi Android. Sebagian besar izin tersebut kemungkinan ada untuk memungkinkan integrasi ini. Namun demikian, banyak sekali izin yang Anda berikan ke aplikasi yang terhubung ke server jarak jauh, biasanya tanpa pemberitahuan.

Tetapi saya tidak dapat melakukannya tanpa Google
Oke, Anda tidak perlu memotong diri sepenuhnya. Anda masih memiliki opsi untuk masuk ke situs Google di peramban seluler dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dari PC. Pengalaman tidak akan sebagus menggunakan aplikasi asli, tetapi jika Anda khawatir tentang privasi, opsi ini memungkinkan Anda menjelajah dalam mode penyamaran atau menghapus cookie secara manual kapan pun Anda mau.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Android Tanpa Google"

Post a Comment