Cara Menghubungkan Keyboard USB ke Ponsel Android Anda

Perangkat Android telah melewati begitu jauh sehingga semuanya menggantikan laptop dan desktop untuk tugas sehari-hari seperti membuat catatan. Tetapi bahkan setelah sekian lama, dengan peningkatan demi perbaikan, mereka masih kekurangan satu bidang penting: mengetik.

Percayalah, saya sudah mencoba semua jenis keyboard alternatif untuk Android. Favorit saya adalah Gboard dengan isyarat (sekitar 50 WPM), tetapi bahkan pada performa terbaik saya, itu masih jauh lebih lambat daripada kecepatan dan kenyamanan keyboard sebenarnya (sekitar 140 WPM). Saat Anda membutuhkan kecepatan, "ketik jempol" tidak cukup.

Untungnya, Anda punya opsi. Bluetooth dan keyboard NFC nyaman dan mudah diatur, tetapi apakah Anda tahu bahwa keyboard USB juga layak? Yang Anda butuhkan hanyalah satu aksesori yang dapat Anda beli dari hanphone 
Anda Butuh USB OTG 
Pembaca yang tajam akan mencatat bagaimana perangkat Android lebih tipis daripada koneksi kabel USB. Jadi bagaimana caranya benar-benar menghubungkan keyboard ke perangkat? Dengan adaptor! Secara khusus, salah satu yang menyesuaikan USB ke Micro-USB (port yang sama yang digunakan oleh sebagian besar perangkat Android untuk mengisi daya, kecuali untuk perangkat Tipe-C yang lebih baru).

Adaptor ini disebut USB On-the-Go (OTG) dan hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran yang berbeda. Yang saya miliki mirip dengan UGREEN 6-inch USB OTG Cable (Inggris), tetapi jika saya bisa melakukannya lagi, saya mungkin akan mendapatkan Ksmile Cordless USB OTG Adapter (Inggris) sebagai gantinya. Jika Anda lebih suka kabel, Anda mungkin juga mempertimbangkan Cable Matters USB OT-L-Shaped berbentuk enam inci.

UGREEN Micro USB to USB, Micro USB 2.0 OTG Kabel 2 Pak On The Go Adapter Micro USB Pria Wanita USB untuk Samsung S7 S6 Ujung S4 S3, LG G4, Dji Spark Remote Kontrol Mavic, Tablet Android (Hitam)

Terlepas dari jenis yang Anda dapatkan, mereka semua beroperasi dengan cara yang sama: pasang sisi Micro-USB ke perangkat Android Anda, kemudian tancapkan keyboard Anda ke sisi USB. Koneksi terjalin! Anda juga dapat bermain-main dengan penggunaan terkait USB lainnya, seperti menambatkan kamera DSLR.

Mengatur Keyboard Eksternal Anda
Setelah keyboard Anda terhubung, Anda perlu waktu dua menit untuk mengaturnya dengan benar. Ini akan berfungsi langsung di luar kotak, jadi langkah ini tidak benar-benar diperlukan, tetapi tidak perlu waktu lama - dan Anda mungkin juga menyesuaikannya dengan keinginan Anda dari awal.
  • Tarik ke bawah laci notifikasi.
  • Anda akan melihat item baru yang disebut Pilih tata letak keyboard. Ketuk di atasnya.
  • Di dalam memilih tata letak papan ketik, Anda dapat mempertahankannya sebagai Default, tetapi saya sarankan mengetuk pada Setel tata letak keyboard untuk melihat apa lagi yang tersedia.
  • Gulir daftar dan pilih tata letak yang menurut Anda akan Anda gunakan. Jika Anda mengetik dalam bahasa selain bahasa Inggris, pastikan untuk memilihnya. Bagi saya, saya hanya menonaktifkan tata letak QWERTY Inggris tradisional yang mendukung gaya Colemak Inggris (AS).
Tidak melihat pemberitahuan di laci notifikasi Anda? Cukup buka Pengaturan> Pribadi> Bahasa & Masukan> Keyboard & Metode Masukan dan Anda dapat mengubah semuanya di sana. 
Hal-hal dapat terlihat berbeda tergantung pada model perangkat Anda, pabrikan, dan versi Android, tetapi langkah-langkah umum harus serupa. Misalnya, pada Samsung Galaxy Tab S saya, item dan halaman pengaturan laci notifikasi berbeda tetapi fungsinya sama.

Sekarang buka aplikasi apa saja dan mulailah mengetik. Itu harus bekerja. Selamat!

Beberapa Tips Yang Harus Anda Ketahui 
Satu hal yang saya temukan mengejutkan adalah bahwa Android sebenarnya mendukung sebagian besar tombol khusus pada keyboard. Melihat bagaimana aplikasi keyboard layar sentuh tidak direplikasi satu-ke-satu, saya rasa ini tidak akan benar. Tapi itu benar.

Misalnya, tombol Home, End, Page Up, Page Down, dan Delete berfungsi dengan baik. Ini sangat berguna ketika mengetik bentuk panjang, seperti saat merekam catatan atau menulis makalah. Tombol Enter juga berfungsi seperti yang diharapkan, menyisipkan baris baru atau mengirimkan formulir yang sesuai dengan konteksnya.

Print Screen juga berfungsi, yang memicu aksi screenshot di level sistem operasi. Karena mengambil tangkapan layar di Android bisa sangat merepotkan, ini adalah solusi yang sangat sederhana yang unik namun nyaman.

Tombol Windows (jika menggunakan keyboard Windows) dan tombol Command (jika menggunakan keyboard Apple) akan memicu fungsi khusus tergantung pada versi Android Anda. Di Moto E saya, kuncinya menampilkan hamparan pencarian Google sederhana. Di Samsung Galaxy Tab S saya, kuncinya menampilkan Google Now on Tap.

Tombol media dipukul atau dilewatkan. Saat saya mencolokkan CM Storm QuickFire Rapid saya, tombol untuk kontrol volume dan kontrol pemutaran berfungsi. Tetapi ketika saya menyambungkan Apple Magic Keyboard saya, tidak ada tombol khusus yang mendaftar. Itu mungkin masalah khusus Apple, dan saya sangat berharap sebagian besar tombol media keyboard berfungsi dengan baik.

Saya hanya menemukan dua kelemahan: satu, tidak ada cara cepat untuk mengganti bahasa atau tata letak keyboard, dan dua, Anda kehilangan akses ke hal-hal seperti emoji dan simbol khusus yang tidak dapat diketik dengan keyboard fisik.

Mengapa Tidak Menggunakan Laptop saja? 
Jangan salah paham - saya memiliki laptop yang saya suka dan gunakan setiap hari. Tapi saya bisa memikirkan beberapa kesempatan ketika perangkat Android dengan keyboard dapat membuktikan lebih baik daripada laptop yang tepat.
  • Perangkat dan keyboard Android sering dapat diperoleh dengan harga lebih murah daripada harga laptop entry-level.
  • Anda memiliki fleksibilitas yang lebih besar karena Anda dapat melepaskan keyboard Anda sesuka hati dan menggunakan perangkat itu sendiri. (Laptop 2-in-1 ada tetapi mahal.)
  • Anda dapat menyimpan semua pekerjaan Anda di perangkat Android daripada menyinkronkannya dengan laptop. Ini juga berguna jika Anda menyukai aplikasi Android tertentu yang tidak tersedia di laptop Anda.
  • Perangkat Android memiliki daya tahan baterai lebih lama daripada laptop.
Setelah semuanya diatur dan berfungsi, Anda bahkan dapat mengambil langkah lebih jauh dengan mencerminkan layar Android Anda ke komputer. Anda mungkin tidak ingin bekerja seperti ini
tetapi jika terkadang Anda membutuhkan layar yang lebih besar, cobalah metode ini.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghubungkan Keyboard USB ke Ponsel Android Anda"

Post a Comment