Mengapa Kita Perlu Sistem Operasi (OS) untuk Menjalankan Sistem Komputer

Kenapa kita harus menggunakan sistem operasi dalam menjalankan sebuah sistem komputer ?

Untuk memahami mengapa kita membutuhkan sistem operasi, kita harus kembali dan melihat seperti apa rasanya memiliki sistem tanpa sistem operasi (OS). 
 
Jadi, apa yang akan saya lakukan dengan sistem atau apa yang akan saya masukkan ke dalam sistem jika tidak ada OS?

Karena saya tidak memiliki OS, saya akan menulis program yang berdiri sendiri atau saya dapat mengatakan akan ada satu aplikasi yang akan diprogram ke dalam sistem (flash ke dalam memori statis sistem seperti memori Flash atau SRAM atau EEPROM dll.).

Banyak sistem komputer sederhana yang hanya menjalankan satu program, dan tidak memiliki OS sama sekali. Misalnya, komputer dalam oven microwave, radio jam, VCR, dan perangkat sejenis lainnya sering tidak memiliki OS.

Jadi mengapa Anda menginginkan OS? Nah, komputer tanpa OS cenderung memiliki beberapa kesamaan: mereka hanya menjalankan satu program, yang hanya akan berjalan pada desain perangkat keras tertentu.

Aplikasi yang berdiri sendiri ini harus menginisialisasi komponen perangkat keras (Display, perangkat keras Sound, UART, Timer dll. Masing-masing dari mereka adalah komponen perangkat keras) di dalam sistem. Karena saya hanya memiliki satu aplikasi yang berjalan, saya hanya dapat memiliki satu titik eksekusi pada satu waktu. Jadi, dalam aplikasi saya hanya dapat menangani hanya satu perangkat keras dalam sekejap. Untuk menggunakan komponen perangkat keras lain terlebih dahulu saya harus menyelesaikan tugas dengan komponen perangkat keras saat ini.

Tidak ada yang salah dengan itu. Satu-satunya masalah adalah saya tidak dapat menggunakan sistem saya sepenuhnya. Saya hanya dapat menggunakan satu komponen perangkat keras pada satu waktu meskipun saya memiliki beberapa komponen perangkat keras dalam sistem

Kemudian seseorang berpikir bahwa sistem dapat digunakan dengan cara yang jauh lebih baik dan membawa konsep OS (mungkin? DOS). Awalnya OS masih mampu mengeksekusi satu aplikasi dan satu pengguna pada sebuah instance.

Secara bertahap, infrastruktur OS telah berkembang menjadi sistem perangkat lunak besar yang memiliki kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi, beberapa pengguna sementara masih dapat menangani beberapa komponen perangkat keras pada saat yang sama dan memberikan ilusi bahwa semua komponen perangkat keras dari sistem dapat digunakan pada saat bersamaan.

Sebuah OS menyediakan beberapa layanan untuk aplikasi, seperti: alokasi waktu CPU yang efisien untuk aplikasi yang berbeda (penjadwalan CPU), manajemen proses, manajemen memori, sinkronisasi antar aplikasi yang berbeda (sehingga tidak ada dua aplikasi dalam sistem yang akan berjuang untuk sumber daya yang sama), dll, untuk menjalankan beberapa aplikasi dan beberapa pengguna pada suatu sistem.

Jadi, dalam kata-kata sederhana: OS adalah komponen perangkat lunak yang membantu memanfaatkan perangkat keras untuk potensi penuh sambil mempertahankan ilusi bahwa semua jika perangkat keras dapat digunakan pada saat yang sama dan ada aplikasi secara harfiah tidak terbatas yang dapat berjalan.

Bayangkan jika setiap programmer harus menulis sistem file mereka sendiri. Anda membutuhkan disk yang berbeda untuk setiap program! Bahkan jika mereka setuju pada sistem file untuk digunakan, jika masing-masing harus menerapkan logika untuk sistem dalam program mereka sendiri, pasti beberapa program akan melakukan sesuatu yang berbeda, menyebabkan masalah. Dengan memiliki OS mengelola hal-hal ini sebagai gantinya, kami memiliki jaminan yang lebih besar bahwa data akan ditulis dengan cara yang konsisten, dan bahwa satu program akan dapat membaca file yang dihasilkan oleh yang lain.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kita Perlu Sistem Operasi (OS) untuk Menjalankan Sistem Komputer"

Post a Comment