5 Perbaikan Sederhana untuk Masalah Umum Google Play Store

Saat Google Play Store mogok, terkadang kode galat memberi Anda. Sementara mencari di internet untuk setiap kode membantu, seringkali itu tidak perlu. Sebagian besar masalah Play Store memerlukan satu dari lima perbaikan dasar.

Dasar-Dasar Memperbaiki Masalah Google Play Store
Ada lima perbaikan berbeda untuk memperbaiki sebagian besar kesalahan Play Store. Anda tidak perlu menggunakan semua ini; coba yang pertama dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, pindah ke yang berikutnya.

Lima perbaikan tersebut adalah:
  • Hentikan aplikasi dan kemudian hapus cache dan / atau data Store.
  • Beralih dari koneksi data ke Wi-Fi.
  • Copot pemasangan pembaruan ke Play Store dan perbarui lagi.
  • Refresh akun Google Anda.
  • Daftarkan perangkat Anda dengan Google.
Berjalan melalui langkah-langkah ini akan menyelesaikan sebagian besar masalah Play Store. Namun, kami akan membahas beberapa kode kesalahan umum yang metode ini tidak akan memperbaikinya nanti.

Mengapa Memodifikasi Android Menyebabkan Kegagalan Google Play Store
Diskusi ini tidak mencakup perangkat yang di-rooting atau yang menjalankan ROM khusus. Proses-proses ini mengubah file sistem Android dan dengan demikian memperkenalkan terlalu banyak variabel untuk didiagnosis. Perubahan ini dapat menghentikan fungsi Play Store.

Itulah alasan utama mengapa memasang ROM khusus atau memulihkan dari cadangan menggunakan pemulihan khusus terkadang mencegah Toko tidak berfungsi. Kami menyarankan menggunakan Titanium Backup, atau solusi cadangan serupa, untuk memulihkan aplikasi dengan data.

Jangan salah paham; ada banyak alasan untuk menginstal ROM khusus. Sayangnya, ketika terjadi kesalahan (seperti yang sering terjadi), pemecahan masalah membutuhkan pengalaman dan upaya yang lebih besar daripada pada perangkat yang tidak dimodifikasi.

Hentikan Aplikasi, Hapus Cache dan Data
Google Play Store bergantung pada proses lain yang berjalan secara diam-diam di latar belakang. Setiap kali Anda menghapus Play Store, itu juga merupakan ide yang baik untuk melakukan hal yang sama dengan layanan Google Play dan Kerangka Layanan Google. Secara opsional, Anda mungkin juga ingin menghapus data untuk Download Manager.

Setelah dihapus, restart perangkat Anda dan kemudian coba lagi instalasi atau pembaruan. Ini mungkin memerlukan memasukkan kembali informasi login Anda. Berikut ini adalah jadwal langkah demi langkah (prosesnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda dan versi Android):

Pertama, buka Pengaturan. Lalu navigasikan ke Aplikasi dan temukan tab untuk Semua. (Di Android 9 Pai, pilih Aplikasi & pemberitahuan> Lihat semua aplikasi X.)

Di sini, pilih Google Play Store. Pilih Force Stop, yang akan mematikan proses aplikasi. Setelah ini, ketuk Penyimpanan untuk mendapatkan lebih banyak opsi. Pada layar yang dihasilkan, ketuk Hapus Tembolok untuk menghapus data sementara dan mudah-mudahan memperbaiki masalahnya.

Jika tidak, Anda dapat mencoba Bersihkan Data. Ini juga menghapus cache, tetapi pada dasarnya me-reset aplikasi ke bentuk aslinya. Ini berarti Anda mungkin perlu masuk kembali dan mengkonfigurasi preferensi lagi.

Jika proses di atas tidak memperbaiki masalah Anda, coba ulangi untuk layanan Google Play, Kerangka Layanan Google, dan Download Manager. Perhatikan bahwa Anda harus mengetuk tombol Menu tiga titik di kanan atas layar Semua aplikasi dan beralih sistem Tampilkan untuk melihat dua entri terakhir.

Beralih Dari Data ke Wi-Fi
Banyak aplikasi yang tidak dapat dipasang jika Anda menggunakan koneksi internet yang tidak dapat diandalkan, yang merupakan masalah umum dengan data seluler.

Untuk beralih dari data seluler ke Wi-Fi, seret ke bawah dari atas layar Anda dengan dua jari untuk membuka Pengaturan Cepat. Tekan dan tahan ikon Wi-Fi untuk membuka pengaturannya, tempat Anda dapat menemukan daftar jaringan terdekat. Jika tidak ada yang cocok di sekitarnya, tunggu sampai Anda kembali ke jaringan rumah Anda.

Mungkin juga memiliki masalah yang berlawanan. Ketika Anda memiliki masalah dalam memasang aplikasi melalui jaringan Wi-Fi, coba beralih ke data seluler dan pasang kembali pemasangan. Jika berhasil, mungkin Anda harus mendiagnosis masalah di jaringan Anda.

Terakhir, Anda juga harus menonaktifkan VPN Anda, jika Anda menggunakannya. VPN dapat menyebabkan masalah dengan unduhan Play Store.

Hapus dan Instal Ulang Aplikasi Play Store
Pada perangkat yang di-rooting, Anda dapat menghapus aplikasi Play Store dan menginstalnya kembali dari awal. Tetapi bahkan pada perangkat yang tidak di-rooting, Anda dapat mengambil langkah pemecahan masalah serupa.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Lihat semua aplikasi X. Pilih Google Play Store dari daftar. Di halamannya, ketuk tombol Menu tiga titik dan pilih Copot pembaruan. Ini akan mengembalikan aplikasi Play Store ke versi aslinya.

Setelah selesai, Anda dapat memperbarui ke versi terbaru Play Store dengan dua cara. Salah satunya adalah dengan membuka Play Store dan memilih Pengaturan dari menu geser keluar. Di sini, gulir ke bawah dan ketuk entri versi Play Store untuk memeriksa pembaruan.

Atau, Anda dapat mengambil salinan APK Play Store dari APKMirror dan menggantinya untuk memaksa pembaruan. Lihat di bawah untuk info lebih lanjut tentang sideloading.

Perbarui Akun Google Anda
Menyegarkan (menghapus dan menambahkan kembali) Akun Google Anda tidak terlalu sulit. Diperingatkan: Melakukan ini akan menghapus data dari perangkat Anda yang disinkronkan dengan akun Google Anda. Ini dapat mencakup pesan, foto, kontak, dan lainnya.

Pertama, buka Pengaturan> Akun. Pilih akun Google yang mengalami masalah. Jika banyak akun menderita masalah, Anda menghapus semuanya. Di Android Pie, Anda cukup ketuk Hapus akun untuk menghapusnya. Pada versi yang lebih lama, ketuk tombol Menu tiga titik dan pilih Hapus akun.
Baca Juga
Anda kemudian dapat menambahkan akun Anda kembali dari menu Akun. Bukan ide yang buruk untuk memulai kembali ponsel Anda setelah menambahkan kembali akun Anda.

Daftarkan Perangkat Anda Dengan Google
Pada tahun 2018, Google menindak perangkat Android yang tidak berlisensi. Ini adalah ponsel dan tablet dari merek tanpa nama yang gagal membayar biaya lisensi untuk sistem operasi Android. Dalam sebagian besar kasus, Google sepenuhnya menghentikan Play Store agar tidak berfungsi. Dalam kasus lain, Play Store tidak akan menjalankan aplikasi bermerek Google apa pun, seperti Gmail atau Google Maps.

Anda mungkin melihat Kode Kesalahan 501 atau peringatan bahwa Anda memiliki perangkat yang tidak berlisensi. Dalam kasus lain, Anda mungkin tidak menerima pesan kesalahan atau peringatan sama sekali. Untungnya, Google sekarang memungkinkan akses perangkat tanpa izin ke Play Store. Tapi ada yang menarik: Anda harus mendaftarkan perangkat ke Google. Prosesnya mudah.

Cara Mendaftarkan Perangkat Android Anda Dengan Google
Pertama, unduh dan instal ID Perangkat aplikasi untuk mendapatkan akses mudah ke informasi ponsel Anda. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, coba aplikasi dari APKMirror. Setelah diinstal, salin nomor Kerangka Layanan Google.

Kedua, sekarang Anda memiliki nomor yang disalin ke clipboard Anda, pergi ke situs pendaftaran perangkat Google. Di sini, Anda harus masuk ke akun Google Anda. Setelah masuk, tekan lama kotak input teks untuk Google Services Framework Android ID dan tempel nomor yang disalin dari aplikasi Lalu tekan tombol Register.

Mulai ulang perangkat Anda. Setelah reboot, Anda harus dapat memperbarui Google Play Store atau mengunduh aplikasi seperti biasa.

Kode dan Perbaikan Kesalahan Google Play Store lainnya
Seorang pengguna XDA telah menyusun daftar kode kesalahan Play Store yang berisi sekitar 20 masalah umum. Sebagian besar mengharuskan Anda untuk melakukan tindakan yang tercantum di atas (menghapus cache dan sejenisnya), meskipun beberapa pengecualian untuk aturan ini.

Pengecualian ini adalah:
  • Kesalahan 498: Dalam hal ini, cache ponsel Anda penuh. Coba bersihkan partisi cache menggunakan pemulihan ponsel Anda.
  • Kesalahan 919: Penyimpanan ponsel Anda penuh. Anda harus mengosongkan ruang pada perangkat Anda untuk melanjutkan.
  • Kesalahan 403: Anda menggunakan dua akun Google yang berbeda di perangkat yang sama. Anda harus menggunakan akun yang benar; pertimbangkan untuk menghapus yang lain.
  • Kesalahan 927: Play Store sudah memperbarui, jadi tidak ada alasan untuk memecahkan masalah ini. Tunggu saja sampai selesai memperbarui.
  • Kesalahan 101: Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang diinstal. Coba hapus beberapa.
  • Kesalahan 919: Pengaturan Nama Titik Akses Anda tidak benar. Ini membutuhkan pengaturan APN yang benar dan mengkonfigurasi ulang perangkat Anda.
Aplikasi untuk Mendiagnosis Masalah Play Store
Salah satu sumber terbaik untuk masalah ini adalah aplikasi Kode Kesalahan & Perbaikan, yang menggabungkan pengetahuan pengguna dan editor AndroidPIT tentang penyelesaian kode kesalahan Android. Aplikasi ini dirancang sebagai utilitas referensi dan termasuk kode kesalahan Android dan kode kesalahan Play Store. Masukkan kode yang Anda lihat dan aplikasi menampilkan potensi perbaikan.

Pada sisi negatifnya, aplikasi menampilkan iklan layar penuh. Meskipun iklan merupakan harga kecil yang harus dibayar untuk menyelesaikan bug penonaktifan perangkat, Anda mungkin lebih suka mencari Google untuk kode kesalahan khusus Anda, jika Anda belum menyelesaikannya.

Jika semuanya gagal, Anda selalu dapat mencoba Amazon App Store atau F-Droid. Keduanya menginstal pada hampir semua perangkat dan mengalami masalah lebih sedikit daripada Google Play Store.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perbaikan Sederhana untuk Masalah Umum Google Play Store"

Post a Comment